Wednesday, September 30, 2020

Kondisi Sosial dan Atribut Kepemimpinan

 




NAMA                                   : Anggi setiabudy

 NIM                                        : H1A117113

 MATA KULIAH                  : KEPEMIMPINAN

 

Kondisi Sosial Kabupaten Kerinci

    Kerinci adalah kabupaten yang berdaratan tinggi dan didalam wilayah alam kerinci berbentuk seperti hampir menyerupai kuali. Letak pemukiman dan tempat mata pencarian warga berada ditengah bukit serta pengunungan. Dataran tinggi dan lembah lembah yang berada di alam Kerinci merupakan daerah yang sangat subur dan memiliki hutan belantara yang lebat dan dihuni beragam flora dan fauna langka seperti gajah,harimau, rusa, kijang, kancil, napuh, serta puluhan jenis burung dan primata.

    Keseharian warga kerinci adalah bekerja dilapangan pertanian dengan menggarap lahan sawah, perkebunan kopi dan casiavera serta pertanian holtikultura juga melakukan usaha kegiatan peternakan secara tradisional dengan mengusahakan peternakan kerbau,sapi(jawi),kuda kambing,biri biri,ayam,dan itik khas Kerinci. Khusus untuk ternak sapi dan kerbau disamping untuk di konsumsi dan dijual juga dimanfaatkan sebagai sarana transportasi dan digunakan sebagai alat pembantu untuk kegiatan pertanian disawah,kedua jenis ternak ini digunakan untuk membajak lahan persawahan.

    Didalam pola tatanan kehidupan masyarakat kerinci selalu mengutamakan tatanan kehidupan kemasyarakatan yang beradat.  Adat Kerinci telah ada sejak keberadaan suku bangsa Kerinci menghuni alam Kerinci, dan adat itu merupakan suatu norma hukum yang tumbuh dan berkembang seirama dengan dinamika gerakan masyarakat dengan kebutuhannya. Adat itu mengatur kehidupan manusia dalam hubungannya dengan manusia, kehidupan manusia dengan lingkungannya, dan bahkan juga mengatur kehidupan manusia dengan alam gaib.

Atribut-Atribut Kepemimpinan Provinsi Jambi

    Provinsi Jambi pada tahun ini mengadakan pemilihan Umum Kepala Daerah (PEMILUKADA) secara serentak. Tetapi tak disangka-sangka pemilihan serentak ini dibarengi dengan pandemi virus corona disease (covid19). Dilansir dari satuan tugas covid-19 provinsi jambi, tercatat  593 pasien yang terkonfirmasi positif corona. Dengan kondisi darurat ini, pemilihan umum pun tidak dihentikan atau ditangguhkan demi kemanusiaan.

Adapun atribut-atribut kepemimpinan yang dibutuhkan provinsi jambi adalah sebagai berikut.

      1.            Rasa kemanusiaan

Ditengah wabah mengalami covid-19 yang belum terkendali. Belum ditemukannya vaksin membuat setiap wilayah yang ada di indonesia memperketat protokol kesehatan demi menekan jumlah warga yang terinfeksi. Rasa kemanusiaan lembaga pemerintahan dan penyelenggara pemilu dipertaruhkan, apakah pemilu dilanjutkan disaat wabah atau ditangguhkan demi kemanusiaan. Presiden keempat RI mengatakan, hal yang terpenting dari politik adalah kemanusiaan.

      2.            Kejujuran

Sikap kejujuran harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Karena masyarakat saat ini kebanyakan tidak menemukan pemimpin yang jujur. Maka timbullah rasa dalam perorangan atau individu masyarakat untuk memilih seorang pemimpin yang jujur.

      3.            Keadilan

Keadilan adalah hal yang harus diprioritaskan demi kemaslatan masyarakat. Banyak lembaga pemerintah yang tidak berpihak kepada pengusaha atau perusahaan besar yang lebih banyak menguntungkan oknum pemerintah ketimbang masyarakat. 


EmoticonEmoticon