Wednesday, March 20, 2019

Cara agar anak hafal Al-Quran sebelum usia 7 tahun



Menghafal Al Quran adalah ibadah jika itu dilakukan dengan ikhlas karena allah SWT dan bukan untuk mengharapkan pujian di dunia. Bahkan salah satu standar orang yang berilmu menurut standar Al Quran, adalah mereka yang memiliki hafalan Al Quran allah SWT Berfirman 


بَلْ هُوَ آَيَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ وَمَا يَجْحَدُ بِآَيَاتِنَا إِلَّا الظَّالِمُونَ

Bahkan, Al Quran itu adalah ayat - ayat yang nyata, yang ada di dalam dada orang - orang yang diberi ilmu.. (QS. Al-ankabut:49).

Tentunya setiap orang ingin bisa mendapatkan keutamaan tersebut seperti yang sudah dijelaskan Rasulallah SAW.
Perjuangan yang di bangun tak lepas dari perjuangan menjadi hafiz dan menjadikan generasi selanjutnya sebagai pecinta Al Quran juga. Jadi Bagaimana cara nya anak anda bisa menjadi hafiz Al Quran sebelum umur 7 tahun.

Saudara saudaraku inilah kiat-kiat praktis mendidik putra-putri kita hafal Al Quran sebelum usia 7 tahun. . .

Kiat kiat ini di sampaikan oleh syekh Dr, kamil Al Labudi 29 Ramadhan 1437 H.

Kiat-kiat ini di sampaikan beliau berdasarkan pengalaman beliau dalam mendidik ketiga putra/putri beliau hafal Al Quran 30 juzz dalam usia 4,5 tahun semua Putra/putri beliau hafal Al Quran 30 Juz sebelum usia mereka 5 tahun

Inilah kiat kiatnya.

  1. ketika anak kita lahir, dari usia satu hari perdengarkan Al Quran setiap harinya 1 juz ulangi sebanyak 5 kali. Ulangi terus selama satu bulan, jadi dalam waktu satu bulan 1 juz di ulang sebanyak 150 kali. Maka waktu yang di perlukan untuk menamatkan memperdengarkan Al Quran sebanyak 30 Juz hanya 30 bulan, yaitu 2,5 tahun Ketika Anak kita usianya 2,5 Tahun dia sudah mendengarkan Al Quran 30 juz sebanyak 150 kali. .
  2. Pilihla bacaan dari para masayikh, para Qori yang terkenal Bacaan nya fasih seperti qori syekh mahmud kholil Al Hushori, syekh shiddiq Al minsyawi dll, atau para qori dari saudi Arabia, seperti syekh Ali al hudzaifi, syekh muhammad Ayyub, Dll. .
  3. Ketika anak kita sudah tamat mendengarkan bacaan Al Quran 30 juz, Maka ajarkan maka ajarkan Hafalan kepadanya. Sehari setengah halaman atau satu halaman ulangi setiap harinya sampai 5 kali. . 
  4. Buat cara yang menarik, untuk anak kita mau menghafal, berikan hadiah ketika dia bisa mencapai target. . 
  5. Do’a kepada Allah ta’ala agar dimudahkan dalam membimbing anak kita dalam proses menghafalkan Al Quran 30 juz. . 

Dengan Metode seperti ini hanya butuh waktu 1,5 tahun anak kita hafal Al Quran 30 juz. . 




Mudah mudahan Allah ta’ala memberikan karuniaNya kepada kita semua agar keluarga kita menjadi ahlul Quran dan semoga Putra Putri kita hafal Al Quran 30 juz dan ber akhlak dengan akhlak Al Quran Aamiin..


EmoticonEmoticon